Ide denah rumah 2 lantai minimalis dan penerapannya

Posted on

KATARUMAH.COM – Ide denah rumah 2 lantai minimalis dan penerapannya

Desain rumah minimalis dengan 2 lantai biasanya akan membutuhkan perhitungan yang baik. Pertimbangan ini akan melibatkan pemilihan desain dan denah yang terintegrasi satu dengan lainnya. Selain itu, konsep desain yang digunakan untuk rumah minimalis seperti ini sebaiknya menggunakan estetika yang ideal dan sesuai dengan lingkungan sekitar. Ukuran lahan memberikan pengaruh besar terhadap seluruh pemilihan dekorasi. Biasanya masing-masing bagian dari penerapan denah untuk rumah minimalis seperti ini akan melibatkan banyak konsep yang berbeda. Misalnya saja penerapan ukuran ruang utama biasanya lebih besar dibandingkan dengan kamar lainnya. Bahkan, detail dari denah rumah 2 lantai minimalis memiliki karakter sesuai dengan keinginan anda.

Konsep ideal dari denah rumah 2 lantai minimalis

Anda harus ingat bahwa desain dari rumah minimalis 2 lantai memang akan menggunakan denah yang sesuai dengan estetika. Pengaturan denah ini akan memiliki dua bagian yaitu tampilan untuk lantai satu dan detail denah untuk lantai 2. Konsep yang diberikan akan diterapkan dengan ukuran dan tampilan desain dari seluruh bagian lantai. Beberapa orang mungkin lebih senang menempatkan kamar utama di lantai satu. Namun, ada juga yang lebih mempertimbangkan untuk menempatkan ruang utama di lantai dua. Penerapan seperti ini memang akan mempengaruhi seluruh bagian dari denah yang digunakan. Berikut ini ada beberapa pilihan konsep yang mungkin bisa diterapkan lewat denah rumah 2 lantai minimalis seperti:

Ide denah rumah 2 lantai minimalis dan penerapannya

1. Ruang utama di lantai 1

Denah Rumah 2 Lantai Minimalis (1)
Denah Rumah 2 Lantai Minimalis

Salah satu konsep yang sering diterapkan pada denah rumah 2 lantai minimalis biasanya menempatkan ruang utama di bagian lantai 1. Hal ini dilakukan karena ruang utama memang memiliki ukuran yang lebih luas dibandingkan dengan ruang lainnya. Ruang utama ini sering berfungsi sebagai kamar tidur utama. Penempatan dari ruang utama ini di lantai 1 memang akan memberikan pengaruh terhadap perhitungan ukuran ruangan lainnya. Bahkan, anda juga harus menentukan pilihan ruang yang ideal untuk ditempatkan di lantai yang sama. Cara seperti ini dianggap akan memberikan pengaruh pada fungsi setiap bagian ruangan.

Baca Juga  Desain Rumah Minimalis Tema Monokrom? Why Not!

2. Penempatan ruang utama di lantai 2

Denah Rumah 2 Lantai Minimalis (2)
Denah Rumah 2 Lantai Minimalis 

Ada juga beberapa orang yang menempatkan ruang utama di lantai 2. Ukuran ruangan ini memang cukup besar dan membutuhkan perhitungan yang matang untuk ditempatkan di lantai atas. Biasanya kamar tidur utama memang akan menjadi pilihan yang lebih baik. Ada beberapa perhitungan yang memang harus dilakukan. Misalnya saja dengan menempatkan ruangan utama di sisi yang ideal. Apalagi ruangan ini juga diterapkan untuk mendapatkan privasi yang sangat maksimal. Cara lain yang diterapkan juga akan mempengaruhi bagian ruangan lain yang berdekatan dari ruangan ini.

3. Pola ruangan dengan letter L

Denah Rumah 2 Lantai Minimalis (3)
Denah Rumah 2 Lantai Minimalis 

Konsep dari pengaturan ruangan akan membentuk beberapa pola berbeda. Salah satu pilihan yang sering digunakan adalah pola L pada seluruh bagian dekorasi. Ukuran ruangan seperti ini biasanya akan diterapkan dengan menempatkan ruangan penting sesuai dengan letter L. Bagian sisi lainnya akan menjadi penempatan elemen tambahan seperti kamar mandi di setiap lantai hingga garasi di lantai 1. Bagian sisi lainnya juga harus diterapkan dengan sangat baik untuk mendapatkan jangkauan akses yang mudah digunakan.

4. Ruangan besar di satu lantai sekaligus

Denah Rumah 2 Lantai Minimalis (4)
Denah Rumah 2 Lantai Minimalis 

Pilihan lain yang bisa anda coba dengan menggunakan denah ini mungkin dengan menempatkan seluruh ruangan besar sekaligsu di lantai 1. Cara seperti ini dilakukan untuk mendapatkan dekorasi interior yang cukup modern dan minimalis. Apalagi metode ini membuat seluruh tampilan dekorasi terlihat sangat mewah dari beberapa sisi. Ada beberapa pilihan ruangan berukuran besar yang bisa ditempatkan untuk lantai 1. Misalnya saja anda bisa menempatkan kamar tidur utama, dapur berukuran besar, ruang keluarga hingga ruang tamu. Namun, lokasi dari detail ruangan utama seperti ini sebaiknya tidak berjauhan dan memiliki estetika yang ideal. Apalagi kamar tidur utama juga membutuhkan privasi.

5. Penerapan ruangan pelengkap

Gambar Desain Rumah 2 Lantai
Gambar Desain Rumah 2 Lantai

Jangan lupa bahwa perhitungan denah pada setiap lantai juga akan melibatkan ruangan pelengkap. Masing-masing dari ruangan pelengkap ini memiliki ukuran yang lebih kecil. Misalnya saja pada lantai satu akan menggunakan kamar mandi yang berbeda ukuran. Kamar mandi berukuran kecil akan digunakan untuk para tamu atau pengunjung saja. Selain itu, ada juga gudang atau kloset kecil yang memang digunakan untuk menyimpan beberapa perlengkapan rumah tangga. Ukuran dari setiap ruangan tambahan ini sebaiknya tidak terlalu besar sehingga tampilan dekorasi interior tetap terjaga.

Perhitungan untuk denah rumah 2 lantai minimalis

Z:E417 Cideng, Haliman Residence (Pak Ronald)Working Set�1 Pl

Elemen penting dari penerapan denah rumah minimalis biasanya memiliki perhitungan yang sangat berbeda. Bahkan, masing-masing elemen seperti ini juga memberikan pengaruh untuk membuat seluruh detail terlihat sangat baik. Semakin banyak elemen yang anda gunakan maka akan memaksimalkan perhitungan dari denah ini. Biasanya elemen perhitungan seperti ini juga disesuaikan dengan konsep desain dan dekorasi interior. Pengaturan dekorasi pada setiap ruangan akan terlihat sangat berbeda. mungkin anda bisa menggunakan beberapa perhitungan yang ideal untuk denah rumah 2 lantai minimalis seperti:

Baca Juga  Desain Rumah Sederhana di Desa yang Modern

1. Ukuran kamar tidur utama yang lebih besar

Perhitungan penting dari denah rumah 2 lantai minimalis akan melibatkan kamar tidur utama. Biasanya ukuran kamar tidur ini memang lebih besar dibandingkan ruangan lainnya. Apalagi cara seperti ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan dalam menentukan dekorasi interior yang lebih baik. Kamar tidur utama ini bahkan bisa memiliki ukuran lebih dari 7 x7. Namun, perhitungan yang ideal juga akan disesuaikan dengan konsep lahan yang digunakan pada bagian bangunan rumah itu. Hindari penggunaan perhitungan kamar tidur utama yang terlalu besar.

2. Ruang tamu dengan konsep sederhana

Elemen penting lain yang biasanya diperhitungkan dari penerapan ini adalah dengan konsep sederhana pada ruang tamu. Beberapa orang mungkin akan menawarkan tampilan ruang tamu yang cukup modern dengan sentuhan minimalis. Hal ini akan membutuhkan perhitungan yang sangat ideal. Selain itu, elemen yang diterapkan juga akan memberikan pengaruh pada fungsi seluruh bagian ruang tamu ini. Apalagi penempatan ruang tamu yang berada di bagian pintu masuk memang akan menjadi bagian penting dari penilaian para tamu.

3. Dapur yang berada di bagian belakang

Beberapa orang mungkin masih menganggap bahwa penempatan dan ukuran dari dapur tidak terlalu diperhitungkan. Padahal anda memiliki kesempatan untuk mendapatkan tampilan dapur yang ideal dengan menggunakan denah yang ideal. Cara seperti ini dilakukan dengan menempatkan dapur di bagian belakang rumah dengan luas area yang lebih baik. Bahkan, konsep dapur ini juga menggunakan open space yang didukung dengan sirkulasi udara terbaik.

4. Penempatan beberapa kamar mandi

Anda bisa memperhitungkan tambahan kamar mandi di setiap lantai. Ukuran dari kamar mandi tambahan ini juga tidak terlalu luas. Misalnya saja kamar mandi di lantai 1 digunakan hanya untuk tamu yang berkunjung.