Inspirasi denah rumah 3 kamar tidur yang patut dicoba

Posted on

KATARUMAH.COM – Inspirasi denah rumah 3 kamar tidur yang patut dicoba

Berbagai desain dari rumah minimalis dan modern memang memiliki tampilan berbeda. Beberapa orang mungkin akan lebih senang dengan ukuran rumah yang cukup besar. Apalagi desain rumah seperti ini bisa memiliki banyak ruangan dengan fungsi berbeda. Misalnya saja dengan penerapan kamar tidur yang terdiri dari ruang utama dan tambahan. Karakter dari masing-masing kamar tidur itu juga terlihat sangat berbeda. Biasanya ukuran kamar tidur utama lebih besar dibandingkan dengan kamar tidur lainnya. Selain itu, lokasi dari kamar tidur ini juga akan dipengaruhi oleh ukuran dari rumah itu. Pengaturan ini biasanya diterapkan melalui denah rumah 3 kamar tidur.

Pengaturan ideal denah rumah 3 kamar tidur

Konsep ideal yang dibutuhkan untuk kamar tidur pada setiap desain rumah memang patut dipertimbangkan. Biasanya detail seperti ini dianggap akan disesuaikan dengan kondisi dan ukuran dari rumah itu juga. Semakin besar ukuran dari rumah maka anda akan semakin mudah untuk menentukan pengaturan yang dibutuhkan. Selain itu, masing-masing dari setiap bagian kamar tidur juga memiliki elemen yang berbeda. Misalnya saja penerapan kamar tidur utama akan berbeda dibandingkan kamar tidur tambahana. Penempatan dan lokasi yang ideal memang menjadi hal yang sangat penting. Ada beberapa pilihan pengaturan yang memang dibutuhkan untuk penerapan dari denah rumah 3 kamar tidur seperti:

Inspirasi denah rumah 3 kamar tidur yang patut dicoba

1. Detail ukuran setiap kamar tidur

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (1)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur 

Pengaturan terbaik memang akan membutuhkan rincian ukuran dari setiap kamar tidur. Beberapa orang mungkin akan menerapkan ukuran yang lebih besar pada kamar tidur utama. Selain itu, kamar tidur tambahan bisa memiliki ukuran yang lebih kecil. Namun, pengaturan seperti ini akan membutuhkan kondisi dari seluruh bagian dari desain rumah. Semakin besar ukuran dari desain rumah maka anda juga akan semakin mudah untuk menentukan ukuran yang ideal. Selain itu, pola penerapan ukuran dari kamar tidur utama dengan kamar tidur tambahan juga dianggap memiliki estetika yang berbeda. Biasanya kamar tidur pelengkap sering digunakan untuk kamar tidur anak hingga tamu.

Baca Juga  Ide denah rumah 2 lantai minimalis dan penerapannya

2. Lokasi kamar tidur

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (1)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur 

Anda juga harus menentukan pengaturan lokasi dari kamar tidur pada denah ini. Biasanya lokasi ini akan ditempatkan sesuai dengan estetika seluruh dekorasi interior. Beberapa denah akan menggunakan konsep penempatan kamar tidur utama di bagian depan rumah. Bahkan, lokasi dari kamar tidur utama akan berdekatan dengan ruang tamu dan ruang keluarga. Selain itu, kamar tidur yang lebih kecil biasanya ditempatkan di bagian tengah rumah hingga bagian belakang dari denah. Lokasi ini akan memberikan dampak yang cukup besar pada penerapan dari seluruh bagian ruangan. Konsep yang diterapkan seperti ini juga harus diperhitungkan sesuai dengan fungsi dari ruangan lainnya.

3. Jarak antar ruangan

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (2)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur 

Cobalah terapkan perhitungan jarak antara ruangan yang satu dengan lainnya. Penerapan seperti ini akan memberikan jarak yang ideal pada kamar tidur utama dengan kamar tidur pelengkap. Jarak itu biasanya dipisahkan oleh satu hingga dua fungsi ruangan. Misalnya saja penempatan kamar tidur utama hanya berjarak ruang keluarga dengan kamar tidur yang lebih kecil. Namun, ada juga jarak yang diterapkan untuk kamar tidur ini dengan lokasi yang berjauhan. Biasanya ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pemilik rumah sehingga privasi tetap terjaga. Tentu saja anda harus menggunakan estetika yang lebih baik untuk seluruh bagian dekorasi.

4. Estetika akses dan jangkauan di denah

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (3)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur 

Beberapa orang masing menganggap bahwa pengaturan kamar tidur untuk denah bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Namun, anda harus ingat bahwa pengaturan dari denah ini juga harus memperhitungkan estetika akses hingga jangkauan pada setiap ruangan. Apalagi konsep ini juga akan mempengaruhi ukuran jangkauan yang memang disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak jumlah penghuni pada rumah itu maka akan dibutuhkan pengaturan akses yang lebih baik. Lebar dari akses setiap jangkauan itu sekitar 1-1,5 meter. Mungkin anda juga bisa mencoba untuk menerapkan jangkauan yang berdekatan antara kamar tidur utama dengan kamar tidur pelengkap.

Perhitungan untuk denah rumah 3 kamar tidur

Kamar tidur pada desain rumah selalu memperhitungkan estetika yang sangat ideal. Biasanya pola seperti ini digunakan untuk membuat seluruh bagian dari fungsi kamar tidur terlihat sangat maksimal. Mungkin anda bisa menerapkan perhitungan yang lebih baik dengan memaksimalkan banyak elemen. Perhitungan seperti ini tidak hanya digunakan pada satu kamar tidur saja. Anda bisa menerapkan berbagai perhitungan pada seluruh kamar tidur meskipun memiliki konsep dan karakter yang berbeda. Bahkan, hasil dari rincian perhitungan pada penerapan kamar tidur ini biasanya akan memberikan dampak pada denah rumah. Berikut ini beberapa perhitungan yang akan dibutuhkan pada denah rumah 3 kamar tidur seperti:

Baca Juga  Perhatikan Desain Rumah Minimalis 1 Lantai 3 Kamar Tidur Lengkap Dengan Garasi

1. Ukuran seluruh bagian dari kamar tidur

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (4)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur 

Elemen penting dari denah rumah 3 kamar tidur memang akan melibatkan perhitungan yang sangat baik. Setiap kamar tidur ini memiliki ukuran yang berbeda. Misalnya saja ukuran kamar tidur utama akan terlihat lebih besar dibandingkan kamar tidur pelengkap. Biasanya ukuran kamar tidur utama sekitar 5×6 meter. Ada juga kamar tidur utama yang lebih besar dari perhitungan itu. Pilihan ukuran yang diterapkan untuk denah selalu disesuaikan dengan estetika dan tampilan dari seluruh bagian dekorasi. Selain itu, perhitungkan juga ukuran dari kamar tidur tambahan yang biasanya menggunakan 3×4 meter. Beberapa orang bahkan memberikan ukuran yang sama dengan ruangan lainnya untuk memudahkan proses render dari denah rumah.

2. Penempatan kamar tidur dengan ukuran sama

Denah Rumah 3 Kamar Tidur (5)
Denah Rumah 3 Kamar Tidur

Anda juga harus memperhitungkan penempatan kamar tidur pelengkap yang biasanya memiliki ukuran sama. Misalnya saja beberapa denah akan menggunakan penempatan kamar tidur ini bersebelahan. Ini dilakukan untuk memberikan kemudahan saat akan menggunakan fungsi ruangan ini. Selain itu, akses dari kamar tidur yang bersebalahan juga dianggap sangat baik. Selain itu, ada juga pilihan penempatan kamar tidur pelengkap yang saling berhadapan. Beberapa arsitek menganggap bahwa konsep penempatan kamar tidur yang berhadapan itu juga memiliki estetika ideal. Pengaturan ini juga memudahkan penerapan denah untuk ruangan lainnya.

3. Ukuran ideal untuk kamar tidur utama

Anda harus tahu bahwa ukuran ideal dari setiap bagian dari kamar tidur utama pada desain rumah memang akan berbeda. Beberapa orang menganggap bahwa ukuran kamar tidur utama harus lebih besar dibandingkan dengan seluruh ruangan yang ada di denah. Namun, pengaturan ukuran ini juga disesuaikan dengan denah yang dibutuhkan. Mungkin anda bisa mencoba ukuran kamar tidur utama dengan perhitungan 5×6 atau 5×5. Masing-masing dari perhitungan ukuran seperti ini biasanya akan mempengaruhi konsep dekorasi interior yang dibutuhkan. Selain itu, ada beberapa elemen penting yang memang akan digunakan untuk kamar tidur utama. Misalnya saja ukuran tempat tidur yang lebih besar hingga material tambahan pada dinding dan lantai.