Inspirasi terbaik desain rumah dengan batu alam

1
465

KATARUMAH.COM – Inspirasi terbaik desain rumah dengan batu alam Komponen yang digunakan untuk desain rumah bisa melibatkan banyak material berbeda. Konsep seperti ini tentu saja akan disesuaikan dengan ukuran dan detail tampilan seluruh bagian rumah. Semakin besar ukuran dari rumah itu akan membutuhkan banyak material ideal dengan pola warna yang sesuai dengan konsep utama. Kualitas dari material untuk desain rumah ini biasanya memiliki pengaruh besar. Beberapa pemilik rumah mungkin akan menggunakan banyak material untuk tampilan eksterior yang lebih baik. Namun, tidak ada salahnya melibatkan material lain yang diterapkan pada interior. Salah satu konsep yang sering digunakan dengan menerapkan desain rumah dengan batu alam.

Inspirasi terbaik desain rumah dengan batu alam

Desain Rumah Dengan Batu Alam (10)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Ada banyak konsep yang bisa anda gunakan untuk menjadikan batu alam sebagai komponen penting pada eksterior dan interior. Penambahan material seperti ini juga memberikan aksen yang sangat berbeda dibandingkan desain rumah pada umumnya. Bahkan, beberapa orang menganggap penerapan batu alam mini juga memberikan kesan yang sangat mewah. Tentu saja anda harus mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan untuk menggunakan material seperti ini. Penggunaan batu alam dengan jumlah yang banyak dan ukuran besar juga memberikan pengaruh terhadap tampilan rumah. Berikut ini ada beberapa pilihan konsep ideal yang bisa membuat tampilan desain rumah dengan batu alam lebih maksimal, seperti:

  1. Konsep batu alam untuk eksterior dinding
Desain Rumah Dengan Batu Alam (1)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Salah satu penerapan dari desain rumah dengan batu alam dengan memaksimalkan tampilan dari eksterior dinding. Beberapa rumah minimalis dengan berbagai ukuran memang sering menerapkan detail desain seperti ini. Biasanya tambahan batu alam akan menggunakan ukuran yang tidak terlalu besar. Pola dari batu alam juga akan terlihat sama satu dengan lainnya. Penerapan batu alam seperti ini biasanya ditempatkan untuk dinding eksterior di beberapa sisi saja. Sebaiknya pilih warna batu alam yang ideal sesuai dengan cat dinding eksterior.

  1. Penggunaan batu alam dengan warna natural
Desain Rumah Dengan Batu Alam (2)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Untuk memberikan kesan yang lebih menarik mungkin anda bisa menggunakan batu alam dengan warna natural. Batu alam seperti ini biasanya memiliki tampilan warna tosca muda dengan aksen coklat. Cobalah gunakan batu alam dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Warna natural akan sangat sesuai untuk desain rumah minimalis. Sebaiknya lakukan integrasi terhadap pilihan warna cat dinding yang hampir sama dengan warna dari batu alam itu. Kolaborasi seperti ini justru akan membuat tampilan rumah terlihat sangat elgean.

  1. Batu alam untuk pagar rumah

Desain Dapur Pakai Batu Alam Terbaik Untuk Desain Rumah Minimalis Dengan Batu Alam

Beberapa pemilik rumah juga sering menjadikan batu alam sebagai penghias dari pagar rumah. Apalagi bila pagar rumah itu memiliki ukuran yang cukup besar dan luas maka batu alam akan menjadi aksen penting. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesan mewah pada seluruh bagian sisi dari pagar rumah. Penerapan batu alam seperti ini biasanya akan ditempatkan pada lapisan terluar dari dinding pagar beton. Pada bagian sisi pagar lainnya sebaiknya gunakan material kayu dengan warna cat yang cukup tebal dan gelap. Konsep seperti ini akan menghadirkan suasana pagar yang mewah.

  1. Aksen batu alam dengan ukuran besar
Baca Juga  Desain rumah minimalis futuristik terbaru dan mengesankan
Desain Rumah Dengan Batu Alam (4)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Anda juga bisa mempertimbangkan desain rumah dengan batu alam yang lebih mengutamakan ukuran. Beberapa rumah dengan aksen batu alam berukuran besar memang bisa menghadirkan suasana yang berbeda. Namun, ketebalan dari batu alamyang digunakan sebaiknya ideal untuk ditempatkan di beberapa sisi bagian rumah. Cara seperti ini sering diterapkan pada bagian dinding eksterior rumah secara menyeluruh. Misalnya saja degan menggunakan batu alam dengan ukuran besar untuk dinding rumah bagian depan. Tampilan ini memang memiliki karakter yang sangat berbeda.

  1. Batu alam dengan pola yang sama
Desain Rumah Dengan Batu Alam (5)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Sebenarnya penerapan dari batu alam juga bisa menjadi komponen penting dari desain rumah. Hal ini biasanya diterapkan dengan pola yang sama pada material yang digunakan. Misalnya saja batu alam memiliki ukuran dan karakteristik warna yang mirip. Cara seperti ini dilakukan untuk membuat tampilan dari eksterior terlihat sangat elegan. Penempatan ideal yang dibutuhkan biasanya akan disesuaikan dengan konsep utama dari desain rumah itu. Ada batu alam yang memiliki ukuran seperti bata biasa namun dengan warna yang berbeda. Aksen ini bisa anda tambahkan pada bagian eksterior dan seluruh interior.

 

Perawatan untuk desain rumah dengan batu alam

Untuk menjaga tampilan dari batu alam yang digunakan pada desain rumah sebaiknya lakukan perawatan secara berkala. Biasanya lapisan terluar dari batu alam seperti itu memang akan sangat mudah dipengaruhi oleh cuaca atau faktor lainnya. Bila tidak mendapatkan perawatan secara serius tampilan dari batu alam akan terlihat sangat kusam dan kotor. Bahkan, batu alam yang digunakan untuk bagian terluar dari rumah juga akan mudah berlumut atau berjamur. Kondisi seperti ini justru akan membuat tampilan dari desain rumah terlihat sangat kumuh dan tidak terawat. Sebaiknya anda lakukan perawatan secara khusus untuk menghindari tampilan yang tidak baik. Ada beberapa rekomendasi perawatan untuk desain rumah dengan batu alam yang bisa dilakukan dengan mudah seperti:

  1. Melapisi batu alam dengan cairan pelindung
Desain Rumah Dengan Batu Alam (6)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Metode perawatan yang bisa anda coba pertama kali dengan memberikan cairan pelindung pada seluruh bagian batu alam. Cairan pelindung seperti ini biasanya mirip dengan pernish yang sering digunakan pada material kayu. Fungsi dari pelindung ini untuk membuat kualitas dari batu alam bisa bertahan cukup lama. Apalagi batu alam yang ditempatkan di bagian eksterior memang membutuhkan perhatian yang lebih khusus.

  1. Membersihkan bagian batu alam dari debu
Baca Juga  Kamar Mandi Yang Tepat Untuk Rumah Tipe 45
Desain Rumah Dengan Batu Alam (7)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Cobalah anda mulai membersihkan bagian dari material batu alam dari debu yang menempel. Selain menjaga kualitas dan karakteristik dari batu alam cara seperti ini juga akan menjaga warna dari batu alam. Lakukan pembersihan batu alam dari debu dengan menggunakan perlengkapan sederhana setiap hari. Cara ini juga harus dilakukan sesering mungkin bila memasuki musim kemarau. Kadang-kadang debu yang menempel akan menjadi jamur dan membuat batu alam cepat rapuh.

  1. Menyikat batu alam secara berkala
Desain Rumah Dengan Batu Alam (8)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Batu alam yang berada di luar ruang memang akan lebih rentan terhadap kerusakan. Kondisi seperti ini juga sering terjadi pada musim hujan. Biasanya setelah musim hujan sebagian dari batu alam akan memiliki jamur atau lumut. Lakukan pembersihan dengan menyikat di bagian celah batu alam. Kondisi jamur atau lomut seperti itu justru akan membuat batu alam cepat rapuh. Apalagi ini juga membuat tampilan dari batu alam sangat kotor.

  1. Mencoba tambahan cat warna pada batu alam
Desain Rumah Dengan Batu Alam (11)
Desain Rumah Dengan Batu Alam

Beberapa pemilik rumah mencoba untuk memberikan tambahan cat warna untuk batu alam. Fungsi dari cat ini tentu saja membuat tampilan dari batu alam bisa berkolaborasi dengan bagian dinding eksterior. Selain itu, cat itu juga akan memberikan perlindungan yang cukup lama untuk batu alam dari jamur. Sebaiknya pilih warna cat natural atau mirip dengan warna batu alam asli. Nah itulah desain rumah dengan batu alam,semoga menginspirasi sobat katarumah semua ya.

Kalian juga dapat membaca mengenai Ide Batu Alam Hitam Untuk Dinding Rumah untuk lebih menambah wawasan.

tag:

contoh rumah batu alam

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here