Makna Desain Rumah Bali Tradisional

Posted on

Bali salah satu pulau di Indonesia yang kaya akan budaya , keindahan alam dan khekhasan dalam masakan. Bali dijadikan sebagai pulau wisata yang setiap tahunnya didatangi ribuan bahkan jutaan turis baik dari dalam negri maupun luar negri. Keindahan alam yang dimiliki pulau bali ini memang sangat memikat mata, juga keindahan bangunan bangunan yang bercirikan agama Hindu, menmabah keunikan makin kental di Bali. Rumah bali khususnya rumah ada memiliki desain yang cukup unik, warna oren yang biasa digunakan di hampir semua rumah di bali mungkin memiliki makna tersendiri. Seperti rumah di berbagai daerah lainya, bentuk rumah pasti akan disesuaikan dengan keadaan lingkunganya. Teruntuk bali, daerah yang sangat kental akan budayanya pasti desain rumah bali memiliki makna tersendiri yang bisa kita ketahui.

Melihat desain rumah bali tradisional di bali yang hampir mirip dan bercirikan agama Hindu pastilah setiap bentuk bangunan memiliki makna atas desain yang dimilikinya. Rumah adat bali disebut dengan nama Gapura Candi Bentar ini memiliki proses panjang dalam pembangunanya.desain rumah bali klasis akan kami sajikan dalam artikel berikut ini.

Makna Desain Rumah Bali :

Rumah adat bali terbagi menjadi beberpa bangunan, dalam satu rumah tidak hanya berdiri satu bangunan melainkan banyak bangunan yang memiliki fungsi dan makna masing – masing.

Baca Juga  Inspirasi terbaik desain rumah dengan batu alam

Bangunan Merajan

Fungsi dari merajan adalah sebagai tempat peribadatan. Pada bangunan ini terdiri dari Penglurah, Kemulan, Padmasari, Peliangan, Taksu dan Piyasan. Bangunan ini biasanya ada disetiap rumah di bali, karna setiap desain rumah bali tradisional memiliki tempat peribadatanya sendiri yang terpisah dari bangunan lainya.

Bangunan Bale Dangin

Fungsi Bale Dangin ini adalah untuk tempat upacara dan biasa difungsikan sebagai tempat tidur. Bagunan ini terletak di bagian timur rumah. Bale Dangin termasuk dalam desain rumah bali yang vital, meliahat fungsinya yang tidak bisa digantikan dengan ruangan lain.

Bangunan Bale Delod

Bale delod adalah desain rumah bali yang berfungsi debagai ruang tamu. Tidak hanya itu bale delod juga difungsikan saat kegiatan adat atau bale kematian dimana bila ada salah satu anggota keluarga yang meninggal akan disemayamkan disana sebelum prosesi ngaben dilaksanakan.

Bangunan Bale Daja

Bentuk desain rumah bali bangunan Bale daja berbentuk persegi panjang, yang terletak di bagian utara. Fungsi Bale daja adalah sebagai tempat tidur orang tua atau Kepala Keluarga di bale sebelah kiri. Sedangkan untuk bale sebelah kanan difungsikan untuk ruang suci, tempat sembahyang dan tempat menyimpan alat – alat upacara.

Baca Juga  Kumpulan inspirasi desain interior kamar tidur terbaik

Bangunan Bale Dauh

Fungsi Bale Dauh ini adalah sebagai tempat menerima tamu yang juga digunakan sebagai tempat tidur anak remaja atau anak muda. Desain rumah bali bangunan ini terletak di bagian barat rumah, dnegan bentuk persegi panjang dan banyak disangga oleh saka.

Lumbung (Jineng)

Ini adalah tempat untuk menyimpan hasil panen para petani dari kebunnya. Lumbung ini terletak di atas, pada bagian bawahnya desain rumah bali ini menyerupai bale yang dapat digunakan untuk bersnatai dan beristirahat. Tidak semua rumah bali memiliki lumbung, hanya mereka yang berfrofesi sebagai petani saja yang memiliki lumbung untuk menyimpan gambah hasil panen sawah mereka.

Demikian artikel tentang makna desain rumah Bali tradisional semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.